6 Faktor Penyebab Susah Buang Air Besar Yang Perlu Anda Ketahui

penyebab susah buang air besarSusah buang air besar atau sering disebut sembelit kerap mengakibatkan rasa yang kurang nyaman. Kebanyakkan dari kita yang pernah menghadapi sembelit, tetapi tidak mengetahui pemicunya yang sebenarnya. Ada sejumlah penyebab yang menimbulkan Anda susah BAB.

Pada umumnya, pemicu susah buang air besar yaitu kurangnya mengkonsumsi serat dan air putih. Jadi, bila Anda merupakan orang yang senang mengkonsumsi daging-dagingan tapi sedikit mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, Anda akan mudah mengalami gangguan sembelit.

6 Penyebab Susah Buang Air Besar

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa pemicu susah buang air besar, yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor Stres

Faktor kejiwaan bisa mempengaruhi fungsi sistem darah dengan menyeluruh. Misalnya seperti pada orang yang mulai mengalami stres maka saraf saraf pencernaanya bisa bermasalah sehingga menimbulkan gerak peristaltik usus tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini dpaat menimbulkan susah BAB. Sembelit karena stres cukup ditangani dengan menjauhi stres, tidak perlu disembuhkan dengan bantuan obat.

  1. Tidak Betah Pada Suatu Tempat

Menurut salah satu mitos, penyebab orang yang kerasan atau betah tinggal di suatu tempat adalah BABĀ  lancar pada beberapa hari pertamanya. Apabila susah BAB, itu pertanda kalau orang tersebut tidak merasa kerasan atau nyaman pada lingkungan barunya. Meskipun hanya mitos, kondisi ini memang selalu terbukti benar sebab berkaitan dengan stres. Perasaan yang terganggu di sebuah lingkungan baru, menekan seseorang dalam menghadapi stres yang bisa menyebabkan sembelit.

  1. Salah Mengkonsumsi Makanan

Ada sejumlah makanan yang bila dikonsumsi dengan jumlah yang besar bisa menyebabkan susah BAB. Makanan-makanan olahan atau kalengan, gorengan, dan daging merah selalu mengakibatkan susah BAB. Dan bukan itu saja, minuman yang memiliki kandungan kafein yaitu kopi dan teh pun dapat menjadi penyebab sembelit.

  1. Sering Menunda BAB

Sebagian orang kebiasaan buruk yang sering dilakukan yaitu suka menunda BAB. Sebenarnya kondisi ini dapat meurunkan rasa ingin untuk BAB. Sejumlah alasan mengapa sebagian orang suka menunda BAB umumnya disebabkan tidak menemukan toilet saat di keramean atau terlalu sibuk.

  1. Kurang Mengkonsumsi Serat dan Minum Air Putih

Sudah pernah dijelaskan kalau pemicu susah BAB biasanya yaitu jarang mengkonsumsi makanan berserat dan kurang minum air putih. Rasa ingin untuk BAB umunya ditunjukan rasat mulas ketika perut terasa penuh. Pereasaan penuh pada perut ini dapat dihasilkan dari makanan yang berserat seperti sayuran dan buah.

  1. Kehamilan

Sebagian ibu hamil menghadapi konstipasi semenjak kehamilan, khususnya bagi tahap awal kehamilan. Konstipasi bisa dirasakan ibu hamil sebab dalam masa kehamilan, tubuh membentuk lebih banyak hormon progesteron yang dampaknya bisa menurunkan otot sehingga menyusahkan otot usus dalam peregangan. Sebagai dampaknya, ibu hamul kesusahan dalam BAB.

Jika dengan memperbaiki gaya hidup adan menjadi lebih sehat, dokter bisa saja dapat mengancurkan obat obatan pencahar. Kalau untuk wanita hamil yang menghadapi konstipasi, maka bertanyalah terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi obat jenis apa saja.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *